Melatih Fokus dengan Memanah - Lifestyle Blogger Medan dan Food Blogger Medan

Kamis, 10 Agustus 2017

Melatih Fokus dengan Memanah

Gambar dari google


          Fokus merupukan hal yang wajib dimiliki oleh setiap orang, khususnya para pelajar dan remaja yang kondisi jiwanya masih tidak stabil atau biasa dikatakan labil. Oleh karena itu, daya fokus yang kuat sangat dibutuhkan pada setiap individu agar tidak tergerus oleh arus yang negatif. Fokus juga sangat dibuthkan untuk mencapai segala sesuatu yang dikehendaki. Maka dari itu, melatih daya fokus merupakan hal yang mampu meningkatkan daya fokus.

            Banyak cabang olahraga yang dapat dijadikan alternatif untuk melatih kemampuan fokus, salah satunya ialah olarharga memanah. Olaharaga yang satu ini, cukup banyak dimintai dari berbagai kalangan umur, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Di berbagai kota yang ada di Indonesia, olaharga memanah sudah menjadi kegiatan ekstrakulikuler ataupun kegiatan wajib di sekolah maupun universitas. Namun di kota Medan, eksistensi olahraga memanah ini masih jarang ditemukan.

            Olahraga yang membutuhkan panahan dan busur ini, ternyata memiliki manfaat yang beragam, salah satunya mampu melatih daya fokus. Saat melakukan kegiatan memanah, kita dilatih untuk memusatkan fikiran pada satu titik yang hendak dicapai. Ketika fikiran kita terpusatkan pada satu titik, dengan sendirinya tubuh akan merespon dan bergerak menuju target.  

Hal itu dapat dirasakan oleh Jannah, seorang mahasiswi yang sering melakukan kegiatan memanah, “Ya, memanah sangat efektif melatih daya fokus dan konsentrasi dikarenakan dalam kegiatan memanah, seseorang telah menetapkan sasaran yang ingin dicapai untuk mengenai sasaran dengan tepat, dibutuhkan keseimbangan tubuh dan fokus pada sasaran,” ujar Jannah.

Olahraga memanah juga dapat menumbuhkan karakter individu yang tenang, sabar, fokus, dan stabil. Melalui olahraga memanah, anak-anak bisa berlajar mengenal dirinya. Tidak hanya bermafaat untuk kebaikan psikis saja, olahraga yang satu ini juga memiliki manfaat untuk melatih kekuatan fisik seperti membugarkan tubuh dan memperkuat otot tangan.

Saat membidik dan melepas anak panah, kita harus fokus dan konsentrasi pada agar tidak meleset. Pada saat itu, bagian lobus frontal otak yang dioptimalkan. Semakin lama bagian otak tersebut dilatih, semakin membuat kita mudah untuk berkonsentrasi. Jika sudah terbiasa untuk fokus dan konsentrasi maka akan mempengaruhi kegiatan sehari-hari, seperti saat mengambil keputusan ataupun mampu meningkatkan konsetrasi pada saat ujian. Lalu bagaimana ya cara melakukan kegiatan memanah dan apa saja hal yang dibutuhkan? 

Apa saja sih alat-alat yang dipersiapkan untuk memanah? Alat-alat yang dibutuhkan tidak terlalu banyak namun alat-alat panahan memiliki harga yang lumayan mahal.
1.      Alat yang paling penitng adalah lapangan untuk memanah karena memanah membutuhkan tempat yang cukup luas.
2.      Alat selanjutnya ialah busur panahan.
3.      Anak panahan untuk membidik sasaran yang dituju.
4.      Alas tangan, karena ada anak panah yang sedikit kasar permukaannya sehingga akan membuat tangan sedikit tergores jika tidak menggunakan sarung tangan.
Melakukan kegiatan memanah tidak sulit. Hal yang harus dilakukan untuk memanah dengan baik ialah :
Pertama, berdirilah dengan sikap posisi tubuh yang benar, yaitu jarak anatar medua kaki harus selebar bahu, pastikan kedua lutut dalam kondisi yang tenang, dan yang terakhir pandangan wajah ke depan menatap lekat-lekat titik sasaran.

Kedua, mulailah angkat busur lalu kaitkanlah anak panah pada tali yang berada di busur. Setelah itu, angkat busur ke arah sasaran, tarik lah anak panah sekuat tenanga, pastikan posisi anak panah sudah tepat pada bidikan atau sasaran yang kamu tuju.

Ketiga, setalah kamu yakin pada bidikan kamu, lepaskanlah anak panah. Jika, tidak sesuai dengan titik sasaran kamu, ulangilah dan berusaha untuk fokus. Hal ini, karena kamu belum benar-benar fokus pada sasaran yang kamu tuju sehingga anak panah yang kamu lepaskan melesat pada titik lainnya.

 Jika ingin melakukan kegiatan memanah namun tidak memiliki dana untuk membeli peralatannya, kamu tidak perlu khawatir karena saat ini banyak tempat-tempat olahraga yang menyediakan fasilitas memanah, kamu bisa memanah tanpa mempunyai alat panahan. Di Kota Medan terdapat beberapa tempat yang menyediakan fasilitas olahraga memanah, salah satunya tempat panahan Ksatria Sunggal yang berada di Jalan Tunggul Hitam, Pinang Baris. Di sana, kamu bisa melatih konsetrasi dan fokus dengan memanah dan memakai perlengkapan panahannya dengan membayar sekitar Rp. 15.000 per jamnya. Jika kamu ingin mahir dalam memanah dan daya fokus semakin meningkat, maka kamu harus sering melakukan latihan, minimal satu minggu dua atau tiga kali.


#Ceritagadiskecil

Tidak ada komentar:

@way2themes