Curhatan Remaja : Belanja dan Makan Enak Gak Perlu Pakai Uang! - Lifestyle Blogger Medan dan Food Blogger Medan

Jumat, 12 Januari 2018

Curhatan Remaja : Belanja dan Makan Enak Gak Perlu Pakai Uang!



 
Nyicipi makanan
             Dear Sahabat,

            Sahabat, pernah gak sih kamu menginginkan sesuatu tapi tak bisa kamu miliki karena kendala uang? Jika pernah, berarti kamu sudah tepat membaca postingan ini. Seperti beberapa tulisan sebelumnya, Gadis kecil akan curhat tentang pengalaman yang mungkin bisa bermanfaat bagi sahabat semua.

           Gadis kecil ini orangnya memang kurus, tapi suka makan, apalagi makanan di tempat yang baru dengan menu baru. Punya hobi makan, makanan baru tentunya mengasyikan, namun juga sangat menyiksa kalau ingin makan tapi gak punya uang. Kondisi ekonomi keluarga juga tidak memungkinkan Gacil untuk meminta uang ke orang tua. Ya, selama ini kalau mau membeli sesuatu atau memakan seuatu Gacil beli dengan uang sendiri. Biasanya uang itu hasil dari tabungan uang jajan atau mengajar di kelas menulis online.

            Baiklah, mungkin Gacil tidak punya banyak uang untuk memiliki apa yang Gacil inginkan. Tapi Gacil tidak bisa tinggal diam kalau uang menghambat segala keinginan Gacil. Mulai berpikir bagaimana caranya bisa mendapatkan seuatu yang Gacil inginkan tanpa uang. Bagaimana caranya? Apa bisa? Tentu! Saat ini Gacil sudah buktikan dengan menjual kreatifitas untuk mendapatkan apa yang Gacil inginkan.  Berikut ini, kisah Filkot telah berhasil mendapatkan apa yang Gacil inginkan tanpa uang melainkan menjual kreatifitas.

Makan Steak Gratis

            Beberapa waktu lalu, Gacil sering melewati waroeng Steak yang terletak di Jl. Adam Malik kota Medan. Setiap melihat warungnya dan menu-menu yang ada di instagram, Gacil jadi  pengen banget nyobain yang namanya steak. Ya, selama ini belum pernah ngerasain bagaimana rasanya steak itu. Mau beli tapi uangnya terus kepakai buat hal lain, sampai suatu saat ketika Gacil sudah punya uang untuk nyobain steak itu. Eh, malah Gacil kena musibah, smartphone dan seluruh uang Gacil yang ada di tas sekolah hilang dicopet, padahal udah ada rencana buat makan steak, tapi karena kecopetan akhirnya gagal.


Vocer gratis untuk makan steak di Waroeng Steak and Shake

            Sempat ngerasa gak karuan, semua uang ludes padahal itu ngumpulinya dengan berjualan di sekolah. Tapi ya.. sudahlah… mungkin belum rezeki. Beberapa waktu berikutnya, Waroeng Steak ngadain kuis dengan hadiah vocer makan Steak sebesar Rp. 50.000. Gacil coba buat ikutan, walau sempat pesimis karena setiap ikut kuis jarang ada yang menang. Ternyata, pemikiran Gacil salah. Akhirnya Gacil mendapatkan tuh vocer makan. Alhamdulilah, tanpa mengeluarkan uang, Gacil bisa ajak mamak untuk ngerasain yang namanya Steak.

Seporsi Mie Pangsit Jamur Mahmud Gratis
Menang kuis tebak nama menu dari Mie Ayam Mahmud terimakasih :)
            Wajar sih kalau anak sekolah seperti Gacil suka hal-hal yang gratisan. Misalnya aja, mengikuti seminar gratis, beberapa waktu lalu Gacil mendapatkan informasi mengenai seminar gratis bertemakan Videography, tema yang selaras dengan jurusan Gacil di sekolah saat ini yaitu jurusan Broadcasting atau pertelevisian. Tanpa berpikir lama, Gacil ajak beberapa teman untuk menghadiri seminar gratis ini dengan harapan dapat menambah ilmu dan relasi.

            Hanya bermodalkan ongkos saja, akhirnya Gacil dan teman-teman datang dengan niat menghadiri seminar gratis. Sesampai di sana, malah dikasih menu untuk memasan makanan, Gacil dan teman-teman saling memandang, ya karena kami memang tak punya uang lebih untuk memasan minuman atau makanan pada saat itu. Gacil tolak dan bilang ke pelayannya kalau Gacil dan teman-teman hanya ingin mengikuti seminar tidak untuk makan. Timbulah pikiran konyol, Gacil meminta teman untuk memfotokan Gacil dengan pose seolah-olah sedang makan tapi nyatanya di atas meja gak ada makanan, seperti foto di bawah ini. Konyol banget kan? Menu makanan yang tersedia terlihat menarik sih, tapi mau gimana? Lagi gak ada uang untuk memesan makanan.
Foto konyol akhirnya kesampaian nyicipi menu tanpa uang
            Setelah dari acara seminar, Gacil iseng-iseng follow akun instagram yang menjadi tempat seminar tersebut, @Mieayamahmud, ternyata akun ini sering mengadakan kuis dengan hadiah beragam. Salah satunya kuis menebak menu makanan yang ada di warung Mie Ayam Jamur Mahmud tersebut dengan hadiah free seporsi menu. Walaupun Gacil tidak pernah makan di sana dan tidak tau apa nama menunya, tapi Gacil ingin sekali makan di sana tanpa uang. Akhirnya Gacil inisiatif buat stalking website dan instagram-nya Mie Ayam Jamur Mahmud, ternyata tertera nama-nama menu makananya, hal hasil Gacil bisa makan seporsi Mie Pangsit Jamur Goreng beserta sebotol teh botol sosro tanpa harus mengeluarkan uang. Alhamdulillah, lagi-lagi menjual kreatifitas untuk mendapatkan apa yang Gacil inginkan.

Seporsi Mie Pangsit Jamur Goreng Gratissss....

Gara-gara Ikut Liputan

Kebersamaan terakhir dengan kak Angnes, reporter DAAI TV, terimakasih kakak :)
            Sahabat ada yang tau tempat-tempat popular yang ada di Sumatera Utara saat ini? Seperti Café Sosmed dan Taman Selfie? Nah, Gacil punya cerita menarik dari tempat ini. Jujur saja, Gacil tidak akan pernah ke sana jika tidak ada kesempatan berharga yang diberikan stasiun televisi DAAI TV. Kenapa begitu? Ya, karena Gacil berkesempatan untuk Prakerin di sana, selain mendapatkan banyak ilmu juga dapat mengunjungi tempat popular itu secara gratis tanpa bayar. Kok bisa? Jadi, waktu terakhir kali Prakerin di sana, Gacil diajak oleh salah satu reporter untuk liputan kuliner, hingga akhirnya bisa menyicipi tempat popular beserta menu makanan tanpa mengeluarkan uang. Enak bukan? Apalagi jadi reporternya, tapi sahabat Gacil, jangan pernah meminta ya.

Belanja dari Hasil Ngeblog

Vocer MAP hasil ngeblog yang pertama kali
            Bagi blogger professional mungkin ini sudah menjadi hal biasa dapat berbelanja tanpa menggunakan uang. Cukup dengan kreatifitas menulis, Gacil dapat berbelanja barang bermerek tanpa uang. Memulai dunia menulis di blogger memang masih terbilang baru, menghasilkan uang dari menulis saja juga belum. Tapi beberapa waktu lalu karena kreatifitas menulis, untuk pertama kalinya Gacil dapat memenangkan kompetisi ngeblog dan mendapatkan vocer belanja senilai Rp.600.000, senangnya bukan main bisa menghasilkan dari kreatifitas menulis walaupun bukan berupa uang. Namun, vocer itu bisa Gacil belanjakan beberapa barang yang Gacil perlukan dan juga membelikan hadiah untuk adik Gacil. Lagi-lagi karena kreatifitas Gacil bisa belanja tanpa uang sendiri, Alhamdulillah…


Nyicipi makanan dari hasil ngeblog
Kesimpulan

Wajah ceria untuk sahabat Filkot dimanapun berada ;)
            Oke … Sahabat Gacil, itu beberapa kisah Gacil yang sudah membuktikan sendiri kalau apa yang kamu inginkan itu bisa kamu miliki tanpa harus terkendala uang, yang terpenting kamu tetap berdoa, berusaha, asah kreatifitasmu dan jangan menyerah ya. Kamu memiliki mimpi untuk berlibur di luar Negeri tapi tidak punya uang? Cobalah berpikir, kreatifitas apa yang membuatmu layak untuk mewujudkan mimpi itu tanpa harus terkendala uang? So, tetap semangat ya sahabat Gacil. Kalau ada kisahmu yang sama, jangan sungkan untuk membaginya di kolom komentar, Gacil tunggu ya…

2 komentar:

  1. Filkot sungguh kreatif, slalu berikhtiar.salut.

    BalasHapus
  2. Ih kreatif anak muda jaman now, share dong ilmu ngeblog-nya biar bisa nambah pundi-pundi buat jajan

    BalasHapus

@way2themes