Curhatan Remaja : Jika Ingin Sukses Jangan Abaikan Tiga Kata Ini! - Lifestyle Blogger Medan dan Food Blogger Medan

Senin, 01 Januari 2018

Curhatan Remaja : Jika Ingin Sukses Jangan Abaikan Tiga Kata Ini!

Sumber : Google

            Dear sahabat Filkot,

            Siapa sih yang tidak ingin meraih kesuksesan dalam hidupnya? Tentu semua orang ingin mencapai mimpi dan harapannya. Namun untuk mencapai itu, setiap orang dituntut dapat menjalankan prosesnya dari yang biasa saja sampai yang tersulit. Sahabat Filkot, tentunya sudah sering mendengar, ‘Kalau mau sukses ya harus berusaha keras, berdoa dan berbakti kepada orang tua’ tetapi itu saja belum cukup loh sahabat Filkot. Ada tiga kata yang sering kali diabaikan. Apa saja kata-kata tersebut? Silahkan simak celotehan Filkot berikut ini!

1.      Tolong
Sadar atau tidak sadar, kita sering sekali mengabaikan kata yang satu ini ‘Tolong’. Apa sih susahnya mengatakan tolong? Toh kita yang membutuhkan bantuan? Tapi terkadang gengsi dan ego yang merubah kata itu menjadi sulit diucapkan. Misalnya saja, masyarakat-masyarakat di kota Medan. Jarang sekali terdengar kata ‘Tolong’ ketika meminta bantuan. Kita biasanya hanya bisa menyuruh dengan kata merintah seperti, “Kau ambilkan itu dulu!” apa susahnya sih jika di depan atau di belakang kalimat itu kita tambahkan kata tolong, “Tolong kau ambilkan itu ya!”

            Kata ‘Tolong’ memang terlihat sederhana, namun memiliki makna yang luar biasa. Jika kita selalu memakai kata ini, orang yang karakternya seperti apapun akan senang hati membantu kita. Karena apa? Ya, itu tadi sahabat Filkot, karena kata Tolong terdengar merendah dan tidak terkesan sombong. Jika sahabat Filkot ingin sukses mencapai mimpi, tolong memakai kata ini setiap kali sahabat bertutur kepada siapapun, jangan lupakan kata ini.

2.      Terimakasih
            Ketika kita sudah meminta bantuan lalu dibantu, maka apa yang seharusnya kita katakana? Ya, mengucapkan ‘Terimakasih’ sekecil apapun bantuan dari orang lain jangan lupakanlah kata ini. Kata ‘Terimakasih’ akan berkesan dan membekas di hati orang yang mendengarkannya. Menggunakan kata terimakasih mmbuat tutur kata yang bersaja dan merendah. Namun, sangat disayangkan. Kebanyakan orang enggan mengucapkan kata ini. Jika sahabat Filkot ingin sukses, janganlah melupakan kata ini. Ucapkanlah ‘Terimakasih’ kepada diri sendiri, Allah swt, orang tua, saudara dan orang-orang yang sudah membesarkan sahabat hingga saat ini. Buatlah mereka tersenyum dengan kata ‘Terimakasih’ yang tidak perlu sahabat Filkot beli dengan harga yang mahal.

3.      Maaf
            Tidak mudah mengucapkan kata ini. Terlebih ketika orang lain melakukan kesalahan yang membuat kita benar-benar kecewa. Benar gak sahabat Filkot? Namun kata ‘Maaf’ membuka jalan kita lebih lebar untuk mencapai mimpi-mimpi kita. Walaupun hanya terdiri dari satu kata dan empat huruf. Nyatanya kata ‘Maaf’ jarang sekali terdengar dilingkungan Filkot. Apalagi orang Medan, kebiasaanya kalau udah buat salah yang buat salah yang marah, apalagi soal hutang. Pasti yang lebih galak itu yang punya hutang saat hutangnya ditagih. Miriskan, sahabat Filkot?

            Setelah membaca tulisan ini, Filkot minta tolong kepada sahabat Filkot yang lagi menjalani proses mencapai mimpinya agar tidak mengabaikan kata ‘Maaf’ saat melakukan kesalahan, berbicara dengan orang baru, membicarakan hal yang akan membuat tersinggung atau mengungkapkan penyesalan akan kesalahan yang telah sahabat Filkot lakukan.

            Sebesar apa sih kekuatan kata ‘Maaf’ ini? Menurut Filkot sangat besar. Ketika kita mengatakan ‘Maaf’ saat melakukan kesalahan itu akan meluluhkan hati orang yang mendengarnya, apalagi dengan nada bicara dan wajah yang tulus. Kata ini dapat mengurangi sedikit kekecewaan orang lain terhadap kesalahan yang telah kita lakukan.

            Sahabat Filkot, di atas adalah kata-kata sederhana namun sering kali kita abaikan.  Baiklah, semoga postingan ini dapat menjadi pengingat kita dalam bertutur kata dan bertingkah laku, karena orang yang sukses bukan sekedar memiliki keahlian, doa dan usaha yang keras. Namun, orang yang sukses adalah orang yang bersikap dan bertutur kata lembut serta menghargai orang lain.

            Sahabat Filkot, share cerita sahabat mengenai tiga kata di atas ya…. Filkot tunggu kisah sahabat di kolom komentar Filkot. Terimakasih telah meluangkan waktu untuk membaca curhatan Filkot, maaf jika selalu ada kekurangan dan tolong Filkot ya untuk memperbaikan kekurang itu.,

9 komentar:

  1. Kekuatan dari tutur kata
    Mulutmu Harimaumu
    sebagaimana kita bertutur kata dengan orang lain.. apa yng kleuar dari mulut kita jadi cerminan diri kita sendiri
    bagaimana orang mau menghargai diri kita jika kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, benar kak... Tutur kata lah yang menjadi cerminan diri kita

      Hapus
  2. Kalau pengalaman kakk mengajarkan, kebanyakan kita melupakan ketaatan pada Allah.. Keimanan yang leman dan tidak dekat dengan al Qur'an. Padahal kalau seorang muslim dekat dengan tuntunan hidupnya yaitu Islam, maka prilakunya akan sesuai dengan Islam..Terhadap orang tua patuh, santun pada siapa saja (termasuk mudah berucap tolong, maaf dan terima kasih). Buang sampah pada tempatnya. Suka menolong. Ibadahnya oke. Menutup aurat secara syar'i. Pergaulannya syar'i dan lain-lain.. Pokoke muantap dah... Maka jauh dari Islam ini yang patut diprihatinkan.. Sehingga harusnya kehidupan muslim itu mengagumkan, justru sebaliknya. Malah lebih mengagumkan hidup orang Jepang dari pada muslim yang punya al Qur'an... my opinion... sukses terus dek..

    BalasHapus
  3. iya, juga menggunakan ketiga kata tersebut dengan bijak :)
    sukses selaluuu yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin... Terimakasih kak, sukses selalu juga ya :)

      Hapus
  4. betul sekali mbak, makanya saya selalu mengajarkan ketiga kata ini sejak anak saya kecil. Karena anak jaman sekarang mulai melupakan 3 kata ajaib ini :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah... semoga yang diajarkan diterima dengan baik ya kak :)

      Hapus

@way2themes