Lifestyle Blogger Medan - 4 Hal Yang Membuat Sebuah Komunitas Mati Suri Versi Cerita Gadis Kecil - Lifestyle dan Food Blogger Medan

Sabtu, 02 Februari 2019

Lifestyle Blogger Medan - 4 Hal Yang Membuat Sebuah Komunitas Mati Suri Versi Cerita Gadis Kecil


Lifestyle Blogger Medan - Moshi...Moshi.... Sesekali nyapa teman Gacil dengan bahasa Jepang tak apa ya. Tulisan kali ini, Gacil mau berbagi sedikit pengalaman Gacil dalam berorganisasi ataupun berkomunitas. Beberapa komunitas yang pernah Gacil jajali yaitu, komunitas Film Medan Art of Cinemathogragraphy, Fisabilillah Production, Teenages Pictures. Kemudian komunitas literasi seperti Melek Media, FLP Medan dan Blogger Sumut. Lalu, organisasi kepemudaan Karang Taruna kota Medan.


Di antara komunitas dan organisasi tersebut, Gacil masih aktif hanya di FLP Medan dan Blogger Sumut. Kemudian, saat flashback ke beberapa komunitas ataupun Organisasi yang telah Gacil tinggalkan. Terbesit dipikiran Gacil. Apa ya yang membuat Sebuah Komunitas Mati Suri? Bahasa sederhananya 'Bubar atau Vakum'. Berikut 5 hal yang menjadi penyebabnya versi Cerita Gadis Kecil .

1. Semangat di Awal

Awal kali berkomunitas mengenal Medan Art Of Cinemathography

      Membuat sebuah komunitas memang sangat mudah, namun membangunnya belum tentu semua bisa. Ya, awal kali sebuah komunitas dibentuk, tentulah ada persamaan hobi maupun tujuan. Banyak rencana dan visi misi yang ingin diwujudkan. Namun, tidak semua yang dibicarakan terniatkan dalam hati. Jadinya, hanya semangat di awal saja.Ini hal sederhana membuat Sebuah Komunitas Mati Suri,

2. Terlalu Banyak Pemimpin

Forum Lingkar Pena Medan komunitas asik yang tidak mengekang dan erat persaudaraannya

       Sepatutnya dalam suatu organisasi atau komunitas, ada satu orang pemimpin yang dapat memandu, mengarahkan kemana arah organisasi/komunitas berlaju. Namun, pada nyatanya, penyebab mati surinya sebuah komunitas, disebabkan karena banyaknya orang yang ingin menjadi pemimpin, banyak orang yang ingin berkuasa dan banyak pengaruh-pengaruh yang tak sejalan. Sehingga arah laju organisasi atau komunitas, memiliki jalan yang bercabang. Ujung-ujungnya terjadi pertengkaran dan bubar.

3. Berkelompok-Kelompok

Pertama kalinya, ikut organisasi di Lingkungan sekitar rumah. Karang Taruna Medan

      Selain terlalu banyak yang ingin menjadi pemimpin di dalam sebuah komunitas atau organisasi. Berkelompok di dalam sebuah kelompok pun sering terjadi. Saling menceritakan teman sekomunitas atau seorganisasinya di belakang. Sehingga kekompak-kan pun tidak terjalin lagi. Si A dan Si B saling menjatuhkan padahal satu komunitas. Ada kelompok yang pro dengan si A ada juga kelompok yang pro dengan si B.

4. Memiliki Aktivitas Masing-Masing

Saat ini, hanya bergabung di Blogger Sumut, FLP Medan dan Karang Taruna

    Aktivitas individu yang ada di dalam komunitas atau organisasi tersebut. Sangat besar pengaruhnya terhadap bertahannya sebuah komunitas. Jika hari pertama pertemuan di dalam komunita. Maka, akan terlihat begitu banyak anggota dan keakraban. Jika sudah pertemuan kelima dan keenam. Bisa jadi, hanya ketuanya saja yang hadir, atau tidak pernah ada pertemuan karena bentroknya jadwal antar individu.

Bagaimana menurut teman Gacil? Apa yang membuat 'Mati Suri' sebuah komunitas atau organisasi?

#Ceritagadiskecil






14 komentar:

  1. Seringnya yang keempat yg terjadi

    BalasHapus
  2. Perbedaan niat dan tujuan kak.
    Ada yg menjadikan komunitas sarana ngeksis, mungkin tujuan ngeksis lah yg disapad. Kalo udah ngerasa gak eksis lagi. Pasti bakalan cabut.
    Ada yg menjadikan kawan2 komunitas nya barang dagangan, tempat dia jualan. Ntar kalo dagangannya gak laku,pasti bakal pada pindah komunitas.
    Dlsbnya sih kak.

    Dan yang terpenting,ruh.
    Ruh ibarat tentara yang tidak akan saling menyelisihi.
    Bila ruh nya tidak sama,maka dipastikan akan bubar mencari yang sefrekuensi.

    BalasHapus
  3. thats why jd org berkomitment tu gk gampang. ane hanya ikot grup yg ane siap berkontribusi didalamnya ..jd grup ane dikit soang mah haha

    BalasHapus
  4. Ada penyusup alias barisan sakit hati yang pengen punya kedudukan juga. Jadilah dia bikin grup baru alias genk dalam komunitas tsb.

    BalasHapus
  5. Ada penyusup alias barisan sakit hati yang pengen punya kedudukan juga. Jadilah dia bikin grup baru alias genk dalam komunitas tsb.

    BalasHapus
  6. Percaya diri boleh, sadar diri harus. Beberapa case merasa diri besar kadang membuat member sebuah komunitas bernapsu ingin memimpin. Sehingga karena nafsu tak terpenuhi jadi males. Off lah sudah.. Jadi memang kudu harus memastikan tujuan masuk komunitas mau ngapain.

    BalasHapus
  7. Semisi, setujuan, komitmen. Penting bgt ni gacil. Biar ga mati suri. Kalo udah bisa sampai regenerasi. Eksis terus.

    BalasHapus
  8. Kalau komunitas yang aku sih lebih ke nomor 4, Memiliki Aktivitas Masing-Masing. Nice info :)

    BalasHapus
  9. ada yang ngerasa paling...tapi gamau share ilmunya yang paling itu. duuuhhhh gedek ngeliatnya. heheheh

    nice share gacil.

    BalasHapus
  10. Mantaplah gacil ini.. masih muda udh banyak komunitasnya. 👍

    BalasHapus
  11. Kereeen...salam kenal gacil. Tulisan yang bagus untuk mengingatkan, bagaimana menjaga keutuhan sebuah komunitas...banyak note nya buat saya...tararengkyu gacil

    BalasHapus
  12. biasa memang kalau sduah mulai sibuk dengan urusan masing masing, komunitas tebengkalai.

    BalasHapus

@way2themes