Lifestyle Blogger Medan - 3 Cara Tetap Produktif Berkarya Meskipun Kesibukan Melanda! - Lifestyle Blogger Medan dan Food Blogger Medan

Minggu, 01 Desember 2019

Lifestyle Blogger Medan - 3 Cara Tetap Produktif Berkarya Meskipun Kesibukan Melanda!

By cerita gadis kecil

Lifestyle Blogger Medan - Dalam menjalankan kehidupan sehari-hari seringkali dihadapkan dengan berbagai kegiatan yang melelahkan. Pernahkah sahabat Gacil berpikir, sesungguhnya apa yang dicari sampai menghabiskan sebagian besar dari waktu dua puluh empat jam menyibukan diri untuk hal yang melelahkan? Apakah uang? kebahagiaan? Atau kehormatan? Jika tujuannya itu, mengapa selalu saja tidak pernah puas atas apa yang didapatkan?

Sahabat Gacil, terkadang lelah ya mengejar apa yang diinginkan. Kalau sudah tercapai satu keinginan pasti ada keinginan selanjutnya. Ya, begitulah sifat dasar manusia, selalu saja tidak pernah puas.

Oleh karena itu, setiap manusia sangat berambisius, terus-menerus mengejar apa yang ingin dicapainya. Ada yang melalui jalur yang sesuai dan ada pula yang melintasi jalan yang melenceng dari jalur.
Lantas apakah kita diperbolehkan untuk berambisi dalam kehidupan di dunia yang fana ini? Boleh saja, asalkan sahabat Gacil mampu menyeimbangkan antara kebahagiaan dunia dan tabungan akhirat. Di setiap aktivitas yang menyibukan, seringkali membuat kita lupa terhadap hal-hal yang perlu diseimbangkan. Semakin banyak jalan yang diambil menuju impian itu, semakin sulit membagi waktunya.

Berikut ini 3 cara tetap produktif berkarya walau disibukan dalam kegiatan sehari-hari versi ceritagadiskecil.com!

1. Niat dan Kebiasaan

Berkarya adalah kegiatan orang-orang yang memiliki niat dan kebiasaan kuat. Tanpa niat dan kebiasaan yang kuat, keinginan tetap produktif berkarya dalam kehidupan sehari-hari hanya menjadi angan-angan saja. Niatkan salah satu karya yang hendak dituntaskan walau berbagai kesibukan memadati hari-harimu.

Misalnya, kamu seorang pekerja yang memiliki rutinitas padat. Tanggungjawab terhadap pekerjaan tersebut sangat besar karena digaji cukup besar. Sedangkan, kamu memiliki keinginan untuk mendirikan sebuah usaha sendiri. Niat tersebut sudah ada tapi terus tertunda karena niatnya belum kuat sepenuhnya.
Jika permasalahannya demikian, kamu harus kuatkan niat.

Pikirkanlah masa depanmu yang lebih panjang, kalau terus-terusan bekerja dengan orang lain. Bagaimana saat tua nanti? Apakah orang lain masih mau mempekerjakan kita? Sedangkan kalau sudah memiliki karya yaitu berupa usaha sendiri. Masih ada peluang tetap produktif meski sudah tua nanti.

2. Membagi Waktu

Tidak semua orang bisa mengatur waktunya sendiri sehingga mereka terjebak dalam rutinitas yang melelahkan. Fokus dan ambisius terhadap suatu hal sangatlah penting. Namun, pikirkan dirimu dan kesenanganmu. Belajarlah mengatur waktu agar semua berjalan seimbang, pekerjaan bisa dituntaskan dan hobi atau karya bisa diwujudkan.

Caranya seperti apa? Sedikit berbagi, saat ini Gacil sedang mengenyam pendidikan di salah satu perguruan tinggi, mulai aktif di dua organisasi sembari menjadi freelancer writer yang harus mengerjakan tulisan setiap harinya. Ketiga aktivitas ini sangatlah melelahkan dan menyita waktu. Walau orang-orang bilang masa-masa semester satu belum ada apa-apanya, tetap saja selalu ada tugas setiap harinya.

Kondisi seperti ini kerapkali membuat Gacil kelimpungan. Suatu waktu, tugas kuliah menumpuk, artikel yang harus dituntaskan menunggu dan ada pula jadwal pertemuan organisasi. Nah, bagaimana bisa menuntaskan seluruhnya?

Gacil mencoba jeli terhadap waktu yang akan dilewati. Sembari menunggu acara organisasi dimulai, Gacil sempatkan untuk menuntaskan tulisan kerjaan, cari bahan-bahan untuk menyelesaikan tugas. Semua dikerjakan melalui smartphone. Sehingga, tidak ada waktu yang terbuang sia-sia.

Selesai pertemuan, kewajiban Gacil menuntaskan tulisan telah selesai dan bahan-bahan untuk mengerjakan tugas sudah ada. Sehingga, saat sampai di rumah, Gacil tinggal mengerjakannya saja. Kira-kira begitulah cara mengatur waktu, semua bisa dilalui jika mau berusaha keras dan ikhlas mengerjakannya.

3. Evaluasi Diri

Hal apa yang sudah sahabat Gacil lakukan kemarin atau hari ini? Apakah ada kegiatan yang terlewatkan? Sehingga semua yang telah dilalui terasa tidak seimbang? Evaluasilah diri sendiri, setiap mau tidur ada di pagi hari. Evaluasi dapat memberikan energi dan menjadi pengingat agar tetap seimbang antara kehidupan sehari-hari dengan produktif berkarya.

Nah, ketiga hal di atas cara Gacil agar tetap produktif berkarya meski kesibukan sehari-hari melanda. Siapa bilang, kuliah tidak bisa kerja? Siapa bilang organisasi menghambat berkarya? Semua bisa berjalan seimbang jika pandai menyelaradkannya. Manfaatkan perubahan-perubahan jaman ke arah yang positif bukan negatif ya, sahabat Gacil.

Tidak ada komentar:

@way2themes