Food Blogger Medan -Pondok Mie Ayam Pangsit Depan UMSU Medan - ceritagadiskecil.com : Lifestyle Travel Blogger Medan

Selasa, 18 Januari 2022

Food Blogger Medan -Pondok Mie Ayam Pangsit Depan UMSU Medan

Food Blogger Medan - Akhir-akhir ini gacil lagi suka makan siang di Pondok Mie Ayam Pangsit, letakanya berada di depan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, salah satu kampus swasta terbaik di Sumatra. Kebetulan, Pondok Mie Ayam Pangsit ini baru buka di masa pandemi. Tempatnya sederhana sih, tapi soal rasa menurut gacil gak kalah enaklah sama Mie Ayam Legend lainnya.

Food Blogger Medan
Mie Ayam Pangsit Yamin Bakso Pesanan Gacil

Food Blogger Medan Kira-Kira Gimana sih Cita Rasa Mie Ayam Pangsit Yaminnya?

Khusus menu Mie Ayam Pangsit Yamin Bakso, selain ada Mie dan Ayam semurnya, di dalam satu porsi ini dilengkapi kerupuk pangsit goreng dan pangsit rebus. Ditambah satu butir bakso yang terasa dagingnya, ada sayur sawi yang manis dan tambahan tauge. 

Kita mulai dari Mie Pangsitnya, menurut Gacil ini mie terenak kedua setelah mie dari Mie Ayam Jamur Haji Mahmud. Teksturnya kenyal, rasanya manis-manis gurih, gak gampang putus dan ukurannya pas gitu. Pokoknya kalau dari cita rasa Mie, Gacil kasih nilai 80 deh. 

Lanjut ke ayam semur, menurut Gacil porsi ayam semurnya terlalu sedikit ya, lebih banyak tulang dan kulit dari pada daging ayam. Porsinya masih kalah sama Mie Ayam langganan gacil di dekat rumah, padahal harganya lebih murah dari yang ada di daerah rumah. Walaupun porsinya sedikit, cita rasa semurnya masih okelah di lidah khususnya untuk mahasiswa.

Terus sebutir bakso itu terasa dagingnya, walau hanya satu butir tapi cukup pas dan puas menjadi pendamping Mie dan Ayam semur. Kalau bisa sih gapapa satu butir tapi ukurannya agak dibesarin hehe. Apalagi bakso inikan tambahan ya.

Food Blogger Medan
Tekstur Mie Pangsitnya

Oke, berikutnya ada kerupuk pangsit yang digoreng, ukurannya seperti kerupuk pangsit atau kue bawang, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Bentuknya persegi seperti kue bawang hari raya. Kalau rasanya, menurut gacil hambar tapi renyah. Mungkin karena terlalu renyah, kalau kita makan kerupuk pangsit gorengnya itu seperti makan kripik kaca garing dan gak berasa kalau lagi makan kerupuk haha. Gacil kurang suka sih sama kerupuk pangsit yang goreng.

Beda cerita dengan pangsit rebusnya, Gacil lumayan suka dengan pangsit rebus ini karena kulit luarnya yang lembut, walaupun isiannya radak asin. Jadi kurang match sama kuah dan semur ayam yang manis. Ukurannya sedang dan lumayan menambah kekenyangan.

Food Blogger Medan
Kuah Mie Ayam Pangsit Yamin Baksonya

Lalu gimana dengan kuahnya? Asli sih, kuahnya yang mengkover semua kekurangan Mie Ayam Pangsit Yamin Bakso ini. Cita rasa kuahnya  cenderung gurih-gurih manis, berminyak dan gak terlalu berat aja di tenggorokan. Kalau dari segi porsi, Kuah Mie Ayam Pangsit dengan Mie Ayam Pangsit Yamin agak berbeda ya sahabat Gacil. Kalau Mie Ayam Pangsit jauh lebih banyak dibandingkan Mie Ayam Pangsit Yamin. 

Bagi orang Jakarta, menyantap Mie Ayam Pangsit apalagi Yamin ya dengan kuah yang sedikit bahkan hampir tidak menggunakan kuah. Berbeda dengan orang Medan, kalau makan Mie Ayam Pangsit atau Mie Ayam Yamin kuahnya harus banyak, kalau Mie dan ayam semurnya sudah habis kan bisa dicampur kacang garuda atau medan jaya hehe. Walaupun porsinya sedikit, Sahabat Gacil bisa minta tambah kok ke mbak dan masnya, gratis gak pake biaya tambahan. Sementara itu, sayur sawi dan taugenya cenderung setengah matang, jadi kalau dipadukan antara kuah dan mie. Sayurannya ini terasa 'kres' saat dikunyah. 


Menu di Pondok Mie Ayam ini Apa aja Sih?
Menu yang disajikan sangat minimalis ya Sahabat Gacil, mungkin karena masih baru dan sasarannya emang mahasiswa dengan kondisi keuangan yang ekonomis. Pondok ini hanya menyajikan empat menu makanan di antaranya Mie Ayam Pangsit, Mie Ayam Pangsit Yamin, Mie Ayam Pangsit Bakso dan Mie Ayam Pangsit Yamin Bakso. Menu minuman yang disajikan pun begitu minim pilihan karena hanya bisa pesan teh pucuk atau mineral saja.

Food Blogger Medan
Daftar Menu di Pondok Mie Ayam Pangsit di Depan UMSU
 
Lalu Gimana dengan Fasilitasnya, Nyaman Gak?
Gacil tidak bisa bercerita banyak tentang fasilitas pondok Mie Ayam Pangsit, seperti yang sudah Gacil katakan di awal paragraf. Kalau dari segi fasilitas, Pondodok Mie Ayam Pangsit ini terbilang sangat sederhana dengan meja dan kursi untuk tempat duduk, letak meja dan kursi ada di dalam dan di luar ruangan. Tidak ada AC ya, adanya kipas angin, tidak ada wifi, ada toilet dan tidak ada tempat shalat.

Uniknya di sini menggunakan sumpit stainless yang lebih ramah lingkungan, berbeda dengan sumpit di warung Mie Ayam lainnya yang dari bambu bahkan tidak menyediakan sumpit. Selain sumpit, bagi yang gak bisa menggunakan alat makan tersebut, disediakan garpu dan sendok.

Food Blogger Medan
Gerobak di Pondok Mie Ayam Pangsit


Lokasi Lengkapnya Dimana Sih?
Lokasi lengkapnya berada pas di seberang pintu parkir Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara (FISIP UMSU) di  Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Kota Medan dan bersebelah di Alfamart.

Food Blogger Medan

Tampilan Depan Pondok Mie Ayam Pangsit

#ceritagadiskecil

11 komentar:

  1. Sering lewat sini nih ven. Mau deh pas lewat situ nyobain mie ayam nya.
    Dulu ada mie ayam mas Zaidan dekat situ. Rasanya juga lumayan.

    BalasHapus
  2. Pondok Mie Ayam Pangsit yaa namanya, sejajaran Alfamart kah, hihi saya 8 tahun di UMSU gak ngeh ada tempat makan ini. Seringnya ke Nazwa aja sm dulu pas masih buka Strawberrt Cafe. Nice info Gacil,, thanks

    BalasHapus
  3. Tiap hari lewat UMSU,kadang mau cari makanan taunya ayam kfc dan baksonya doang. gak terlihat saya ada Pondok mie ayam pangsit depan UMSU. Jadi kepengen coba,soalnya mie ayam adalah paforite aku😋

    BalasHapus
  4. liat mie dan kuahnya kok jadi kepingin hehe. kl enak memang enak pasti dicari. tar aku carilah cobain mi ayam ni, harga pun bersaing

    BalasHapus
  5. tul be....betul dek. makan mie ayam kuahnya harus banyak. paling nyes klo tambah kacang atau keripik.

    BalasHapus
  6. Mie ayam pake kuah semur hitam itu memang paling mantap.
    Apalagi kalo telur nya dipindang kak.
    Makin gurih dan lemak

    BalasHapus
  7. Sebagai penikmat aneka mie-miean, khususnya mie ayam, kalau pulang kampung saya kudu berkunjung ke Pondok Mie Ayam ini. Saya suka mie ayam yang ada jamurnya, rasanya soalnya jadi lebih gurih kalau ada jamur. Apalagi harga mie ayam di Pondok Mie Ayam ini murah bangetttttttt...

    Thanks info kulinernya mba.

    BalasHapus
  8. Oh ada mie yamin disitu? Alhamdulillah nanti insyaallah sesekali nyobainla udah lama nyari mie yamin gak kedetect dimana.tqu venny

    BalasHapus
  9. Henny kayaknya bakalan sering main ke UMSU deh. Hihi, bisalah nih nyobain mie ayam di sana.

    BalasHapus
  10. Ngiler liat mie ayamnya, sebagai penyuka mie ayam harus coba nih rasa mie ayamnya, makasih ya venni pengen coba aja jajal rasanya klo ke sana :)

    BalasHapus
  11. Duh Venny... pinter banget dah ambil fotonya.
    sungguh ku tergugah dan terliur dengan close-up nya si mie ...

    BalasHapus

@itsvennyy