Di Balik Nama Indonesia - Lifestyle Blogger Medan dan Food Blogger Medan

Rabu, 29 Juni 2016

Di Balik Nama Indonesia

    Apa yang kamu ketahui tentang Indonesia? Budayanya? Bahasa? Agama? Adat? Keramahannya? Keindahan? Ya, itu yang akan terlintas di dalam benakmu jika mendapat pertanyaan apa itu Indonesia.

     Indonesia adalah negara yang kaya akan sejarah dan budaya. Namun, apakah kamu tau siapa yang menciptakan nama Indonesia dan berasal dari manakah dia? Langsung saja simak sejarah di balik nama Indonesia.

    Orang yang menemukan nama Indonesia untuk pertama kalinya adalah James Richardson Logan ia seorang alhi Etnologi atau kebudayaan Inggris. Nama Indonesia ditemukannya pada tahun 1850 dalam Ilmu Bumi (Geografi). Istilah Indonesia digunakan juga Oleh G.W. Earl dalam bidang Etnologi (Kebudayaan). Ia menyebut Indonesia dengan kata Indonesians dan Melayunesians bagi penduduk kepulauan Melayu.

   Pada Tahun 1862 istilah Indonesia juga  digunakan oleh orang Inggris bernama Maxwell dalam karangannya, berjudul The Island of Indonesia (Kepulauan Indonesia) dalam hubungannya dengan Ilmu Bumi. Istilah Indonesia semakin populer ketika  Ahli Etnologi lainnya berkebangsaan Jerman, bernama Adolf Bastian menggunakan istilah Indonesia pada tahun 1884.

     Lalu apa sih arti dari Indonesia? Kata Indonesia berasal dari dua bahasa yaitu Hindus yang berarti Hindia dan dari bahasa Yunani yaitu Nesos yang berarti Pulau, Nesioi (Jamak) berarti Pulau-Pulau. Dapat disimpukan nama Indonesia memiliki arti sebagai pulau-pulalau Hindia. Bangsa Indonesia yang pertama kali menggunakan nama Indonesia secara politik adalah Perhimpunan Indonesia, yaitu Organisasi yang didirikan oleh pelajar-pelajar Indonesia di negeri Belanda pada tahun 1908.

     Organisasi tersebut pertama kalinya bernama Indische Vereeniging. Kemudian, pada tahun 1922 diganti menjadi Indonesische Vereeniging. Selanjutnya pada Tahun 1922 juga namanya diganti menjadi perhimpunan Indonesia. Sehingga pada tahun 1928 Kongres Pemuda II di Jakarta, menggunakan istilah Indonesia dalam kegiatan Persatuan Bangsa. Kongres pemuda tersebut  menghasilkan sumpah pemuda yang di dalamnya tercantum nama Indonesia.

     Dan akhirnya istilah Indonesia secara resmi digunakan sebagai nama Negara kita pada tanggal 17 Agustus 1945 Dengan diproklamasikannya kemerdekaan Indonesia oleh Ir.Soekarno Hatta.

     Wah.. Ternyata bukan orang Indonesia yang menciptakan nama negara kita ya. Tapi, orang Inggris. Indonesia punya banyak alasan loh untuk kamu banggakan. Apa saja alasannya?

#Ceritagadiskecil


Tidak ada komentar:

@way2themes