Lifestyle Blogger Medan: Mengenal Kehidupan Gelap dari 'Kertas Hitam' Karya Aru Armando - ceritagadiskecil.com - Blogger Medan Sumut

Senin, 13 Juli 2020

Lifestyle Blogger Medan: Mengenal Kehidupan Gelap dari 'Kertas Hitam' Karya Aru Armando

Novel Detektif
Novel Kertas Hitam - Ceritagadiskecil.com
Sebuah operasi menjelang pemilu bekerja dengan senyap. Perebutan Kekuasaan Bukan Harga Murah.

Lifestyle Blogger Medan - Yoo... Apa kabar pembaca Budiman? Sudah lama Gacil tidak bersua di blog ini. Rindu ngobrol-in soal buku, langsung aja kenalan dengan si putih berjudul hitam 241 halaman.

Kertas Hitam merupakan buah karya dari Aru Armando, penulis baru tapi sudah bisa memikat. Lewat bukunya berjudul Sang Pewarta. Gacil yang jarang kali beli buku secara daring, akhirnya ngotot mau beli karya kedua penulis yang juga anggota KPPU RI tersebut.

Tidak kalah dari buku yang pertama, Kertas Hitam cukup memikat Gacil. Pergulatan tentang kehidupan di balik kewarasan, membuat gacil hampir tidak waras membacanya. Bahasanya mudah dicerna, tapi alurnya berakhir tidak terduga. Ya, Gacil tangkap dari akhir cerita Tomi, tokoh utama dari 'Sang Pewarta' dan 'Kertas Hitam' akan ada cerita selanjutnya.

Berbeda dengan buku Sang Pewarta, di Kertas Hitam opening-nya cukup warming untuk anak di bawah 17 tahun. Setiap narasi-nya, terutama di bagian awal bikin jantung deg-deg ser. Pertengahan alur, sebelum klimaks perasaan jadi campur aduk tegang gak jelas. Intinya, nama Tomi mulai nyumpel di pikiran. Kagum dengan Idealisme, Ambisius dan Logikanya si Tomi.

Ya, jelaslah. Tomi sang tokoh utama inikan seorang jurnalis handal bidang hukum yang berhasil mengungkap kasus besar walaupun tak tuntas. Di balik kesuksesan penulis memperkenalkan dan memukau Gacil tentang dunia 'gelap'. Menurut Gacil, buku ini konfliknya tidak segereget Sang Pewarta.

Konflik-konflik yang disajikan belum begitu membakar pikiran. Mungkin, kurang related dengan kehidupan Gacil. Namun, di balik itu semua ini buku sangat rekomended daripada sekadar novel percintaan yang bucin. Rasanya, remaja patut baca. Perlu tau bahwa hidup bukan tentang si dia. Ada sisi gelap dan terang dalam hidup ini, jadi perlu hati-hati.

Oh iya, ulasan ini tidak diendorse sama sekali. Gacil akan ceritakan buku yang melekat di hati, jadi ini jujur sejujurnya. Kelengkapan sinopsis dan identitas buku. Sengaja tidak dicantumkan, biar kamu langsung koleksi bukunya.

Pembaca yang budiman. Kalau sudah baca buku ini boleh sharing-sharing ya di kolom komentar.

11 komentar:

  1. Wuah kebetulan banget lagi butuh referensi cerita yang bersangkut paut dengan politik. Bisalah nih dijadikan rekomendasi.

    BalasHapus
  2. keren - keren cerita terpaut politik dikemas dengan bagus, jadi pingin baca dan ingin ikut merasakan deg2 ser nya.

    BalasHapus
  3. Kalo da baca cerita politik, saya pasti ternganga-nganga bacanya. Karena banyak hal nggak terduga. Politik bagi sebagian orang menarik tapi bagi sebagian yang lain nggak banget intrik di dalamnya.

    BalasHapus
  4. Wah Kertas Hitam ini tentang jurnalis hukum yg andal ya... hmm jd penafsiran eh penasaran pingin baca juga. Soalnya novelis hukum langka banged kan di Indonesia. Tfs Gacil

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah.. jadi pas ya mba Mia.

      Daku udah jarang beli buku nih sekrang, jadi seneng aja baca referensi buku pas BW, apalagi kalo ceritanya lengkap sampai akhir, ihhh seneng banget aku tu...

      Hapus
  5. Novel politik asyik juga ya cil.. apalagi tahun ini kita mau pemilihan walikota. Kadang membaca sisi gelap cerita seakan melihat kondisi negeri ini. Huhuhu sedih.

    BalasHapus
  6. Waduh novel politik, awak kalau baca ttg politik gak tau deh bawaan esmosi aja apalagi kalau ada unsur kkn atau gak adil gitu, dek veni memang pinter nih mengolah kata dalam novel jadi asyik

    BalasHapus
  7. Ulasannya bikin penasaran deh, apalagi tentang Tomi ini.. bukunya ada dimana beli ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa di Gramedia kalau yang Sang Pewarta kak. Kalau Kertas Hitam, di Penerbit Shopia

      Hapus
  8. abis baca buku ini kyk nya wawasan ttg ilmu politik jd lebih luas ya kak

    BalasHapus
  9. Tuh, kan jadi penasaran. Coba bisikin dikit sinopsisnya donk gacil.

    BalasHapus

@way2themes